Branko Ivankovic Jadi Korban Kelolosan Indonesia Ke 16 Besar Piala Asia 2023, Terupdate

  • Whatsapp

Besoksiang.com, Indonesia – Kelolosan timnas Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia 2023 pada detik-detik terakhir sebagai salah satu peringkat ke-3 terbaik membawa korban. Pelatih timnas Oman, Branko Ivankovic, resmi dipecat setelah tiket ke 16 besar yang sudah ada di depan mata justru lepas ke tangan Indonesia.

Read More

“Asosiasi Sepak Bola Oman menginformasikan pelatih Branko Ivankovic dari Kroasia bahwa kami tak berniat memperbarui kontraknya pada akhir perjalanan timnas di Piala Asia 2023,” urai pernyataan resmi OFA seperti dikutip Besoksiang.com dari unggahan di akun X-nya.

– Advertisement –

Pengumuman pemecatan Branko Ivankovic oleh OFA.
X @OmanFA

Kegagalan lolos dari fase grup jadi alasan utama pemecatan Ivankovic. Oman sebetulnya hampir lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Pada matchday terakhir melawan Kirgizstan, mereka sempat unggul terlebih dahulu lewat Muhsen Al Ghassani pada menit ke-8. Namun, gol penyeimbang dari Joel Kojo pada menit ke-80 membuyarkan semuanya.

Bukan hanya gagal melangkah dari fase grup, hasil imbang dengan Kirgizstan juga memperburuk catatan timnas Oman. Anak-anak asuh Branko Ivankovic meninggalkan Qatar tanpa kemenangan. Sebelumnya, Al Ahmar kalah 1-2 dari Arab Saudi dan imbang tanpa gol dengan Thailand.

– Advertisement –

Branko Ivankovic Gagal Penuhi Janji

Memasuki matchday terakhir dengan hanya mengoleksi 1 poin, Branko Ivankovic tahu persis timnas Oman butuh kemenangan untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Sebelum pertandingan, dia berjanji anak-anak asuhnya akan mengeluarkan segenap kemampuan terbaik untuk meraih kemenangan atas timnas Kirgizstan.

“Kami punya hasrat untuk menang dan lolos,” ujar Ivankovic dalam konferensi pers. “Tak diragukan lagi, partai melawan timnas Kirgizstan akan sulit. Namun, tim sudah siap mengarunginya dan kami bertekad menang sehingga dapat mencapai target lolos ke putaran kedua turnamen ini.”

– Advertisement –

Timnas Oman gagal lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 setelah imbang dengan Kirgizstan.
Getty Images

Pada akhirnya, Oman lagi-lagi gagal memetik kemenangan. Mereka hanya mampu unggul hingga menit ke-80, bukan ketika wasit mengakhiri pertandingan. Hal itu membuat tiket ke 16 besar lepas dari genggaman dan disambar timnas Indonesia yang sebenarnya sudah bersiap pulang.

Kegagalan di Qatar ini jadi penurunan prestasi bagi Oman. Pada edisi sebelumnya, Piala Asia 2019, Al Ahram lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu peringkat ke-3 terbaik. Mereka kala itu meraup 3 poin berkat kemenangan atas Turkmenistan. Namun, langkah mereka lantas dihentikan Iran dengan skor 0-2.


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *